'/> 10 Negara Yang Berpenduduk Muslim Terbesar Di Dunia

Info Populer 2022

10 Negara Yang Berpenduduk Muslim Terbesar Di Dunia

10 Negara Yang Berpenduduk Muslim Terbesar Di Dunia
10 Negara Yang Berpenduduk Muslim Terbesar Di Dunia
10 Negara yang Berpenduduk Muslim Terbesar di Dunia - Sebagai agama dengan penganut terbesar nomer dua di dunia, Islam menjadi agama yang pemeluknya tersebar di seluruh penjuru dunia. Hampir di tiruana negara di belahan dunia, niscaya ada penduduk muslimnya. Dan dalam postingan kali ini, aku akan memdiberikan artikel ihwal 10 negara dengan penduduk beragama Islam terbesar di dunia. dibawah ini merupakan daftar 10 besar negara yang mempunyai jumlah penduduk muslim terbesar di dunia:

 Negara yang Berpenduduk Muslim Terbesar di Dunia 10 Negara yang Berpenduduk Muslim Terbesar di Dunia

Penduduk Muslim Terbesar di Dunia


1. Indonesia
Indonesia merupakan negara Muslim terbesar di seluruh dunia. Meskipun 88% penduduknya beragama Islam, Indonesia bukanlah negara Islam. Muslim di Indonesia juga dikenal dengan sifatnya yang moderat dan toleran. Pada tahun 30 Hijri atau 651 Masehi, hanya berselang sekitar 20 tahun dari wafatnya Rasulullah SAW, Khalifah Utsman ibn Affan RA mengirim delegasi ke Cina untuk memperkenalkan Daulah Islam yang belum usang berdiri. Dalam perjalanan yang memakan waktu empat tahun ini, para utusan Utsman ternyata sempat singgah di Kepulauan Nusantara. Beberapa tahun kemudian, tepatnya tahun 674 M, Dinasti Umayyah telah mendirikan awalan dagang di pantai barat Sumatera. Inilah perkenalan pertama penduduk Indonesia dengan Islam. Sejak itu para pelaut dan pedagang Muslim terus berdatangan, kala demi abad. Mereka membeli hasil bumi dari negeri nan hijau ini sambil berdakwah.

2. Pakistan
Pakistan ialah sebuah negara yang terletak di Asia Selatan. Dengan ludang keringh dari 150 juta penduduk, Nama Pakistan diambil dari awalan tempat Punjab, Afghan, Kashmir, Sind dan Baluchistan. Sedangkan dalam bahasa Persi Pak berarti suci dan Stan berarti negara sehingga para pendiri Pakistan mengharapkan adanya negara suci berdasarkan pedoman Islam.

3. India
Islam ialah agama yang kedua terbesar kedua sesudah agama Hindu (80.5%). Ada sekitar 174 juta Muslim, 16.4% dari jumlah penduduk. Sejak pengenalannya ke India, Islam telah menciptakan penyumbangan keagamaan, kesenian, falsafah, kebudayaan, kemasyarakatan dan politik kepada sejarah, warisan dan kehidupan India.

4. Bangladesh
Islam ialah agama terbesar Bangladesh, yang muslim penduduk ludang keringh dari 130 juta dan merupakan hampir 88% dari total jumlah penduduk, berdasarkan sensus 2001. Islam tiba ke wilayah Bengal semenjak kala ke-13, terutama oleh kedatangan para pedagang Arab, Persia Saints dan penaklukan daerahl Salah satu yang dikenal ialah suci Islam, Shah Jalal.

5. Turki
Daerah yang terdiri dari Turki moden mempunyai tradisi Islam yang usang dan kaya melatar belakang ke zaman permulaan Seljuk dan Empayar Uthmaniyyah. Orang Turki secara kebudayaan dan sejarah ialah umat Islam.

6. Iran
Sejarah awal Iran mencakup negara Iran dan juga negara-negara tetangganya yang mempunyai persamaan dalam kebudayaan dan bahasa. Kadab itu, negara-negara ini diperintah oleh kekaisaran-kekaisaran menyerupai Media dan Akhemenid. Sassania ialah kekaisaran Persia terakhir sebelum kedatangan Islam. Kemudian Persia bergabung menjadi sebagian khilafah Islam awal.

7. Mesir
Islam menyentuh wilayah Mesir pada 628 Masehi. Kadab itu Rasulullah mengirim surat pada Gubernur Mukaukis -yang berada di bawah kekuasaan Romawi-mengajak masuk Islam. Rasul bahkan berkeluargai gadis Mesir, Maria. Pada 639 Masehi, kadab Islam di bawah kepemimpinan Umar bin Khattab, 3000 pasukan Amru bin Ash memasuki Mesir dan lalu diperkuat pasukan Zubair bin Awwam berkekuatan 4000 orang. Mukaukis didukung gereja Kopti menandatangani perjanjian damai. Sejak itu, Mesir menjadi wilayah kekuasaan pihak Islam. Di masa kekuasaan Keluarga Umayah, dan lalu Abbasiyah, Mesir menjadi salah satu provinsi menyerupai tiruanla. Khalifah Muiz membangun Masjid Besar Al-Azhar (dari “Al-Zahra”, nama panggilan Fatimah) yang dirampungkan pada 17 Ramadhan 359 Hijriah, 970 Masehi. Inilah yang lalu bekembang menjadi Universitas Al-Azhar sekarang, yang juga merupakan universitas tertua di dunia ketika ini.

8. Nigeria
Islam dianut oleh 50% dari total penduduk Nigeria, Penyebaran Islam di Nigeria dibagi dalam tiga periode, yaitu periode Trans Sahara dan Afrika Utara, periode Atlantik dan periode kemerdekaan. di samping melaksanakan perdagangan, para pedagang Muslim juga memperkenalkan misi utama pedoman Islam, yaitu mengembangkan perdamaian, keadilan dan kesejahteraan.

9. Algeria (Al-Jazair)
Islam pertama kali dibawa ke Aljazair oleh Bani Umayyah sesudah invasi dinasti dari Uqba bin Nafi, dalam berlarut-larut proses penaklukan dan konversi yang membentang 670-711. Namun, menyerupai di Timur Tengah itu sendiri, mereka berusaha untuk menggabungkan gres mereka Islam dengan perlawanan terhadap hukum luar negeri kekhalifahan - sebuah ceruk yang Khawarij dan Syiah "ajaran sesat" diisi dengan sempurna.

10. Maroko
Maroko modern pada kala ke-7 M merupakan sebuah wilayah Barbar yang dipengaruhi Arab. Bangsa Arab yang tiba ke Maroko membawa adat, kebudayaan dan pedoman Islam. Sejak itu, bangsa Barbar pun banyak yang memeluk pedoman Islam.(Republik Science)

Seperti itulah ulasan dari daftar menarik kali ini terkait 10 negara yang mempunyai penduduk muslim terbesar di Dunia yang sempat Berbagi 10 sajikan kepada pembaca. Semoga gosip diatas sanggup mempunyai kegunaan dan menambah wawasan kita. Terima kasih

Lihat juga: 10 Pesepakbola Muslim Terkenal di Piala Dunia
Advertisement

Iklan Sidebar